Kamis, 22 Desember 2011

Bab I Pendahuluan

BAB I
PENDAHULUAN

1.1.            Latar Belakang
          Dalam era globalisasi pada saat ini kebutuhan informasi komunikasi sangat penting untuk perusahaan. Saat ini komputer telah banyak membantu perusahaan dalam proses pengolahan data sehingga mampu meningkatkan kinerja dan efisiensi pada perusahaan yang bersangkutan.
          Adanya sistem komputerisasi yang mampu mempercepat pengolahan data pada perusahaan akan menghasilkan laporan yang cepat dan akurat sehingga pihak manajemen juga bisa mengambil keputusan dengan cepat, dan secara tidak langsung juga akan meningkatkan keuntungan perusahaan sehingga perusahaan tersebut bisa lebih maju.
          PT. Sahabat Sumber Sejahtera adalah perusahaan yang bergerak di bidang Authorized Distributor. Sistem penggajian di perusahaan ini masih menggunakan sistem yang manual mulai dari perhitungan gaji, pembuatan slip gaji, hingga pembuatan laporan sehingga memungkinkan terjadi kesalahan dalam perhitungan serta kurang akuratnya laporan yang dibuat.
Proses penggajian karyawan yang digunakan tidak dengan komputerisasi terasa kurang memadai sehingga terjadinya human error lebih besar dibanding dengan menggunakan sistem komputerisasi.
          Untuk itu penulis mengetengahkan permasalahan yang terjadi dalam proses pengolahan data, khususnya dalam bidang penggajian dengan judul:
Perancangan Program Penggajian Karyawan Menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0 Pada PT. Sahabat Sumber Sejahtera  Jakarta”.
1.2.            Maksud dan Tujuan
Dalam penulisan Tugas Akhir ini ada beberapa maksud yang ingin penulis capai diantaranya sebagai berikut :
 1.        Penulis mencoba untuk menerapkan ilmu yang didapat di bangku kuliah pada jurusan Manajemen Informatika khususnya masalah pemrograman Visual Basic.
2.       Membentuk pola pikir penulis untuk menjadi pribadi yang memiliki wawasan pengetahuan dalam komputerisasi yang konkrit.
3.              Mencari dan mengetahui masalah yang ada pada proses penggajian dan memberikan solusi alternative terhadap permasalahan yang dihadapi.
Sedangkan tujuan penulisan Tugas Akhir ini adalah sebagai salah satu syarat kelulusan Program Diploma Tiga (DIII) jurusan Manajemen Informatika pada Akademik Manajemen Informatika dan Komputer Bina Sarana Informatika (AMIK BSI) Jakarta.
1.3.            Metode Penelitian
Adapun metode penelitian yang digunakan penulis dalam pencarian dan pengumpulan data serta informasi-informasi yang mendukung di dalam penyusunan Tugas Akhir ini adalah sebagai berikut :
1.                  Pengamatan (Observation)
Penulis melakukan pengamatan secara langsung segala sesuatu yang berkaitan dengan objek penelitian. Penulis menggunakan teknik observasi di dalam pengumpulan data yaitu agar dapat melihat proses atau prosedur kerja secara langsung dan juga untuk dapat mengetahui secara pasti segala sesuatu yang diperlukan pada saat terjadinya proses.
2.                  Wawancara (Interview)
Tujuan penulis menggunakan teknik wawancara adalah untuk mencari dan memeriksa kebenaran suatu informasi juga mendapatkan informasi yang spesifik dan jelas dari orang yang memiliki pengetahuan yang berhubungan dengan penulisan Tugas Akhir ini.
3.                  Studi Pustaka (Library Study)
Sebagai pendukung untuk mencari berbagai informasi, penulis menggunakan teknik studi pustaka dengan mengambil beberapa materi berupa buku, referensi, diktat dan catatan-catatan yang berkaitan dengan penulisan Tugas Akhir.
1.4.            Ruang Lingkup
Dalam penyusunan Tugas Akhir ini, penulis membatasi masalah pada pengolahan data penggajian karyawan dimulai dari proses pemasukan data karyawan, data jabatan, data pinjaman karyawan, data absensi, dan proses penghitungan gaji, sampai dihasilkan slip gaji, laporan data karyawan, laporan data jabatan, laporan pinjaman karyawan, laporan absensi karyawan dan laporan penggajian karyawan.







2 komentar: