Kamis, 22 Desember 2011

Bab II Landasan Teori3


2.1.1.      Tinjauan Kasus
Perancangan sebuah program pada dasarnya adalah memerlukan konsep-konsep informasi dari data yang akurat agar masalah yang dihadapi dalam proses penggajian dapat terselesaikan dengan baik. Dengan lebih dulu mengedepankan alasan tersebut, maka penulis akan mencoba menguraikan tinjauan kasus yang terjadi pada masalah penggajian di PT. Sahabat Sumber Sejahtera.
Berikut ini penulis akan menjelaskan konsep-konsep yang terjadi pada program penggajian di PT. Sahabat Sumber Sejahtera. Gaji diberikan sekali dalam sebulan pada setiap akhir bulan yang bersangkutan dengan perincian sebagai berikut :
1.                  Jabatan ditentukan pada saat seseorang menjadi karyawan berdasarkan pendidikan dan selanjutnya ditentukan berdasarkan masa kerja karyawan.
2.                  Gaji pokok, tunjangan, insentif per bulan  ditentukan berdasarkan jabatan karyawan.
3.                  Setiap karyawan yang tidak masuk karena bolos atau alpha akan dikenakan potongan alpha sebesar Rp. 25.000,- per hari.
4.                  Setiap karyawan yang terlambat lebih dari 3 kali tidak berhak mendapat insentif perbulan.
5.                  Potongan Jamsostek (Jaminan Sosial Tenaga Kerja) sebesar 2% dari gaji kotor karyawan.
6.                  Potongan Pinjaman merupakan angsuran perbulan yang harus diangsur karyawan.
7.                  Gaji yang  diterima  karyawan  adalah  gaji pokok ditambah tunjangan, insentif dan dikurangi potongan
2.1.2.      Spesifikasi Rancangan Program
Spesifikasi perancangan  program penggajian di PT. Sahabat Sumber Sejahtera dapat diuraikan sebagai berikut :
1.                  Rancangan Dokumen Masukan
Dokumen masukan adalah semua dokumen yang digunakan sebagai dasar untuk memperoleh data-data yang nantinya akan diproses untuk menghasilkan suatu keluaran yang disebut dengan output. Dokumen masukan yang digunakan adalah sebagai berikut:

a.                  Nama Dokumen                   : Formulir Data Karyawan
Fungsi                                  : Untuk mencatat data karyawan baru
Sumber                                 : Karyawan
Tujuan                                  : HRD
Frekuensi                              : Setiap ada karyawan baru
Media                                   : Kertas
Jumlah                                  : Satu Lembar
Bentuk                                 : Lampiran A.1.
b.                  Nama Dokumen                   : Daftar Data Jabatan
Fungsi                                  : Sebagai data untuk menginput jabatan
Sumber                                 : Manager Fin.& Accounting
Tujuan                                  : HRD
Frekuensi                              : Setiap ada jabatan baru atau terjadi perubahan
                                               jabatan.
Media                                   : Kertas
Jumlah                                  : Satu Lembar
Bentuk                                 : Lampiran A.2.
c.                  Nama Dokumen                   : Rekap Absen Karyawan
Fungsi                                  : Sebagai rekap kehadiran karyawan selama satu
                                               bulan
Sumber                                 : Manager Fin.& Accounting
Tujuan                                  : HRD
Frekuensi                              : Setiap akhir bulan
Media                                   : Kertas
Jumlah                                  : Satu Lembar
Bentuk                                 : Lampiran A.3.
d.                 Nama Dokumen                   : Tanda Terima Pinjaman
Fungsi                                  : Sebagai data untuk menginput pinjaman
Sumber                                 : Karyawan
Tujuan                                  : Manager Fin.& Accounting
Frekuensi                              : Setiap karyawan melakukan peminjaman
Media                                   : Kertas
Jumlah                                  : Sebanyak karyawan melakukan peminjaman
Bentuk                                 : Lampiran A.5.
2.                  Rancangan Dokumen Keluaran
Dokumen keluaran adalah segala bentuk dokumen yang akan mendukung kegiatan manajemen serta merupakan dokumen dari hasil catatan laporan. Dokumen keluaran yang digunakan adalah sebagai berikut:
a.                Nama Dokumen                    : Slip Gaji
Fungsi                                  : Sebagai bukti perhitungan gaji
Sumber                                 : Manager Fin.& Accounting
Tujuan                                  : Karyawan
Frekuensi                              : Setiap bulan
Media                                   : Kertas
Jumlah                                  : Satu Lembar
Bentuk                                 : Lampiran B.1.
b.               Nama Dokumen                    : Laporan Data Karyawan
Fungsi                                  : Untuk memberikan laporan data karyawan
Sumber                                 : HRD
Tujuan                                  : Pimpinan
Frekuensi                              : Setiap bulan
Media                                   : Kertas
Jumlah                                  : Satu rangkap
Bentuk                                 : Lampiran B.2.
c.                Nama Dokumen                    : Laporan Data Jabatan
Fungsi                                  : Untuk memberikan laporan data jabatan
Sumber                                 : HRD
Tujuan                                  : Pimpinan
Frekuensi                              : Setiap bulan
Media                                   : Kertas
Jumlah                                  : Satu rangkap
Bentuk                                 : Lampiran B.3.
d.               Nama Dokumen                    : Laporan Absen Karyawan
Fungsi                                  : Untuk memberikan laporan absensi semua
                                               karyawan
Sumber                                 : HRD
Tujuan                                  : Pimpinan
Frekuensi                              : Setiap bulan
Media                                   : Kertas
Jumlah                                  : Satu rangkap
Bentuk                                 : Lampiran B.4.
e.                Nama Dokumen                    : Laporan Absen Perkaryawan
Fungsi                                  : Untuk memberikan laporan absensi karyawan
Sumber                                 : HRD
Tujuan                                  : Pimpinan
Frekuensi                              : Setiap Bulan
Media                                   : Kertas
Jumlah                                  : Satu rangkap
Bentuk                                 : Lampiran B.4.
f.                Nama Dokumen                    : Laporan Penggajian Karyawan
Fungsi                                  : Untuk memberikan laporan penggajian
                                               karyawan
Sumber                                 : HRD
Tujuan                                  : Pimpinan
Frekuensi                              : Setiap bulan
Media                                   : Kertas
Jumlah                                  : Satu rangkap
Bentuk                                 : Lampiran B.5.
g.               Nama Dokumen                    : Laporan Pinjaman Karyawan
Fungsi                                  : Untuk memberikan laporan pinjaman karyawan
Sumber                                 : Manager Fin.& Accounting
Tujuan                                  : Pimpinan
Frekuensi                              : Kertas
Jumlah                                  : Satu rangkap
Bentuk            : Lampiran B.6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar