Kamis, 22 Desember 2011

Bab II Landasan Teori4


2.1.1.      Sarana Pendukung Program
Komputer sebagai salah satu alat Bantu manusia dalam melakukan pekerjaan sehari-hari, telah mengalami perkembangan yang mampu membuat pekerjaan manusia menjadi lebih mudah, cepat dan akurat. Namun demikian kemampuan yang dimiliki oleh komputer tidak terlepas dari operasi yang dilakukan manusia terhadap komputer.
Dalam sebuah sistem komputerisasi, kegiatan operasi yang dilakukan manusia memberikan resiko yang cukup besar untuk menimbulkan suatu kesalahan. Oleh karena itu perlu dibuat suatu sistem yang mampu meminimalkan operasi yang dilakukan secara manual oleh manusia dan melakukan proses validasi terhadap operasi yang dilakukan manusia.
Untuk melaksanakan sistem komputerisasi seperti yang telah disebutkan di atas, diperlukan suatu sarana pendukung yang mampu memenuhi kebutuhan sistem. Sarana pendukung tersebut berupa perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) yang akan bekerjasama untuk menunjukkan kinerja yang maksimal.
1.                  Perangkat Keras
Sebuah sistem komputerisasi tidak terlepas dari masalah perangkat keras yang akan digunakan dalam menjalankan program aplikasi. Keterpaduan dan keselarasan antara perangkat keras dan perangkar lunak merupakan faktor yang penting dalam memaksimalkan suatu unjuk kerja sebuah program aplikasi.
Dengan pertimbangan di atas maka penulis memberikan spesifikasi perangkat keras yang akan digunakan dalam proses komputerisasi pada PT. Mekasindo Kencana Ekaperkasa yaitu sebagai berikut :
a.                   Processor                                 : Pentium IV, 400 Mhz
b.                  RAM                                       : 1 GB
c.                   HardDisk                                : 160 GB
d.                  CD Roon                                 : 700 MB
e.                   Monitor                                   : Monitor 17 inchi
f.                   Mouse                                     : Ps/2
g.                  Keyboard                                : Standard 108 Keys
h.                  Printer                                     : Deskjet
2.                  Perangkat Lunak
Perangkat lunak merupakan bagian lain dari sistem komputerisasi berupa program yang berisi kumpulan perintah-perintah yang berhubungan langsung dengan perangkat keras yang akan digunakan. Perangkat lunak yang ada dan digunakan oleh penulis pada saat ini dalam pembangunan program aplikasi Penggajian pada PT. Sahabat Sumber Sejahtera adalah sebagai berikut :
a.                   Sistem Operasi Windows XP
b.                  Paket Program Microsoft Visual Basic 6.0
c.                   Database Program Microsoft Access 2007
3.                  Konfigurasi Sistem Komputer
            Sistem komputer secara umum terdiri dari tiga bagian yaitu : input, proses dan  output. Tanpa salah satu dari ketiganya, maka komputer tidak akan dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. Input Device (alat masukan) adalah suatu bagian/komponen dari sistem komputer yang berfungsi untuk tempat memasukkan data maupun instruksi-instruksi kepada komputer. Data maupun instruksi yang dimasukkan ke dalam komputer adalah data atau instruksi yang masih dalam bahasa maupun kode-kode, sedangkan mesin komputer hanya mengenal data atau instruksi tersebut jika sudah dalam bentuk kode-kode binar (bit). Sebagai contoh alat masukan adalah keyboard.
            Dari alat masukan data yang dimasukkan akan diperoleh atau diproses lebih lanjut ditransfer kesebuah proses yaitu CPU (Central Processing Unit) untuk mengolah atau memanipulasi data. Setelah data diolah kemudian dilanjutkan dengan mengeluarkakn hasil dari segala proses yang telah dilakukan kepada pengguna agar mudah dimengerti oleh si pengguna. Salah satu contoh alat keluaran adalah monitor. Monitor merupakan alat keluaran yang bersifat softcopy karena bersifat sementara, sedangkan alat yang bersifat permanen seperti printer disebut hardcopy.
            Disamping alat input maupun output diatas, terdapat pula alat-alat yang memiliki dua fungsi sekaligus sebagai alat input dan output, sebagai contoh adalah CD room.
 Adapun spesifikasi dari perangkat keras yang digunakan dalam mendukung perancangan program ini adalah:         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar